Sambutan Wakasek SMA NEGERI 1 CIMALAKA

Pertama-tama, saya mengucapkan selamat kepada para Pamong Praja Muda yang telah lulus menempuh pendidikan di IPDN tahun ini, tahun 2016.

 

Inilah awal dari pengabdian panjang Saudara-saudara sebagai aparatur sipil negara untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

 

Saudara-saudara akan menjadi ujung tombak negara dalam memberikan pelayanan publik yang cepat, pelayanan publik yang responsif, serta pelayanan publik yang berkualitas sehingga negara selalu hadir di tengah-tengah rakyatnya.

 

Untuk itu, Saudara-saudara harus bisa menjadi pelopor reformasi birokrasi di institusi pemerintahan, di mana pun Saudara-saudara nanti akan ditugaskan.

 

Saudara-saudara harus menjadi pribadi-pribadi terdepan dalam revolusi karakter-mental, perubahan pola pikir, maupun perubahan sistem dan tata kelola pemerintah yang lebih baik.

 

Saudara-saudara juga harus menjadi teladan bagi rakyat dalam membangun sikap yang optimis, sikap yang inovatif, sikap yang berani melakukan terobosan yang bermanfaat bagi rakyat.

 

Saya mengingatkan bahwa, ke depan, Saudara-saudara akan menghadapi tantangan tugas yang semakin berat dan semakin kompleks.

 

Saudara-saudara akan menghadapi semakin tingginya harapan dan tuntutan rakyat atas kinerja aparatur sipil negara. Rakyat menghendaki aparatur sipil negara yang bekerja semakin berintegritas, semakin efektif, dan semakin berkualitas.

 

Selain itu, saat ini Saudara-saudara tengah berada di era kompetisi global yang ditandai dengan perubahan-perubahan yang sangat, sangat, sangat cepat, sehingga dibutuhkan aparatur sipil negara yang bisa bekerja lebih responsif, lebih cepat, mampu memberikan pelayanan publik dengan prima serta senantiasa berinovasi untuk memperkuat daya saing bangsa.

 

Saya berkeyakinan bahwa Saudara-saudara mampu mengemban tugas dari bangsa dan negara itu dengan sebaik-baiknya asalkan Saudara-saudara mau, Saudara-saudara berani melakukan perbaikan diri, berani menginisiasi perubahan, serta berani menggerakkan reformasi birokrasi di lingkungan kerja Saudara masing-masing.

 

Kuncinya: Saudara-saudara juga harus berani melakukan perombakan-perombakan kreatif, terobosan-terobosan yang produktif, tidak terjebak pada rutinitas, tidak berorientasi hanya semata-mata pada prosedur tetapi lebih mengedepankan hasil dan karya nyata untuk rakyat kita.

 

Saudara-saudara juga harus memegang teguh komitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, pemerintahan yang berintegritas, pemerintahan yang bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme sehingga semakin dipercaya oleh rakyat.

 

Terakhir, saya mengucapkan selamat bertugas kepada Pamong Praja Muda Indonesia, selamat mengabdi kepada rakyat, bangsa, dan negara. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa selalu bersama kita semuanya.

 

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.